Pintubatu, Lishartanti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111035 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. NIM. 3113111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
3. NIM. 3113111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 3113111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM. 3113111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM. 3113111035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM. 3113111035 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM. 3113111035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 3113111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM. 3113111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 3113111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 264 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dengan jumlah 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh seorang observer. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi menyimpulkan apakah dengan tindakan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Minat belajar siswa diukur dengan menggunakan kriteria penilaian minat belajar. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 24 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh guru PKn sebagai observer. Peningkatan minat belajar siswa dari 10 aspek yang diamati yaitu pada siklus I sebanyak 73,97% dan pada siklus II sekitar 85,22%, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sekitar 11,25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 082 |
Keywords: | - |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18539 |