Tarigan, Astrivo Br (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI SMAN 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3113111006 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. NIM 3113111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM 3113111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 3113111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 3113111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM 3113111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM 3113111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM 3113111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 3113111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM 3113111006 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 3113111006 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting Kabanjahe Kabupaten Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe. Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa/siswi kelas XI Sosial 4 SMA Negeri 2 Kabanjahe berjumlah 30 orang sebagai perwakilan yang akan diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan siswa sebanyak 30 orang di kelas XI Sosial 4. Dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan tahapan siklus I, dan II, yang masing-masing dilaksanakan dalam 3 x pertemuan 2 x 45 menit. Dalam tahap awal penerapan pembelajaran Snowball Throwing masih mengalami kegagalan karena siswa belum terbiasa untuk melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing ini. Dalam siklus I siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini disebabkan karena siswa sudah diberitahu untuk mempersiapkan diri secara mandiri dari rumah masing-masing sehingga hasilnya dapat meningkat. Dalam siklus ke II, siswa semakin semangat belajar sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan dalam siklus II.Hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Dari hasil belajar siswa diperoleh peningkatan dari 7 siswa meningkat menjadi 14 siswa dan pada siklus II menjadi kategori sangat baik berjumlah 30 orang siswa (100%). Sedangkan peneliti memperoleh nilai rata-rata dari Pre Tes (23,33%), kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 46,67%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang tinggi menjadi 98,67%. Dengan nilai Ketuntasan berdasarkan nilai KKM 75 terlampaui. Dengan demikian data dari hasil belajar siswa dari Tes Awal, Siklus I, dan Siklus II pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 075 |
Keywords: | - |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18532 |