PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Ginting, Emy Novika Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2103311010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2103311010 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2103311010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2103311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2103311010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2103311010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2103311010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2103311010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2103311010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2103311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2103311010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2103311010 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2103311010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2103311010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2103311010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2103311010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2103311010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2103311010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2103311010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2103311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,75, standar deviasi = 8,96 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran Inkuiri masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,42, standar deviasi = 8,13.
Selanjutnya uji data di atas kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,72. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,7, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72 > 2,03, hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 022
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Teks Eksplanasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:46
Last Modified: 20 Apr 2016 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item
View Item