Bangun, Abet Nego Terkelin (2015) PERAN KELUARGA DAN SEKOLAH DALAM PROSES SOSIALISASI PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NO.167713. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113122003 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 3113122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
3. NIM. 3113122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 3113122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 3113122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 3113122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 3113122003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 3113122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
12. NIM. 3113122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 3113122003 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian mengenai Peran Keluarga dan Sekolah dalam Proses Sosialisasi pada Anak Down Syndrome di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) No. 167713 Tebing Tinggi bertujuan Untuk mengetahui perilaku sosial anak down syndrome, permasalahan apa saja yang dialami anak down syndrome dalam proses interaksi dalam lingkungan sekolah dan rumah, peran orang tua dan sekolah dalam melakukan sosialisasi pada anak down syndrome, persepsi orang lain terhadap peran orang tua dalam proses Sosialisasi pada anak down syndrome. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumplan data yang digunakan dengan melakukan wawancara, observasi, studi pustaka serta penelusuran data secara online. Hasil yang didapat dalam penelitian tersebut adalah : (a) Keempat anak down syndrome yang menjadi subjek penelitian peneliti telah berperilaku baik dilingkungan sekolah dan rumahnya. (b) Pada saat berinteraksi dengan orang lain anak down syndrome mengalami permasalahan yang sama, yaitu permasalahan dalam berkomunikasi dimana mereka sulit berbicara seperti anak normal lainnya. Dua dari keempat anak down sydrome tersebut memiliki permasalahan khusus, yaitu Hotma yang selalu berpikir bahwa teman seperti boneka sehingga ia tidak diizinkan orang tua untuk bermain diluar rumah serta ganguan pada penglihatan (rabun) Marisa. (c) Orang tua serta pihak sekolah sebagai suatu lembaga yang terstruktur dari ke empat anak ini melakukan fungsi sosialisasinya kepada anak-anak down syndrome. orang tua dan pihak sekolah mengenalkan nilai-nilai serta norma dan aturan serta mengajarkan ajaran agama yang berlaku dilingkungan rumah dan sekolah.(d) Pandangan (persepsi) orang lain terhadap peran orang tua sangan baik, orang lain menganggap bahwa orang tua telah melakukan fungsinya dalam melakukan sosialisasi.Kata kunci : Keluarga, Sekolah, Down Syndrome
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ANTRO 008 |
Keywords: | Keluarga; Sekolah; Down Syndrome |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18517 |