Simamora, Bertha Ani (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SEMESTER GENAP SMAN 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 311111001 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. NIM. 3111111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 3111111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM. 3111111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 3111111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 3111111001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM. 3111111001 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM. 3111111001 LIST APPENDICES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
9. NIM. 3111111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM. 3111111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. NIM. 3111111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam memahami mata pelajaran PKn, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penerapan model pembelajaran TTW dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata pelajaran PKn di kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Siborongborong yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No. 153 pada Tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X IPA 3 SMAN 1 Siborongborong berjumlah 37 orang sebagai perwakilan yang akan diteliti. Teknik Pengambilan data yang dilakukan adalah melalui Pengamatan dengan Lembar Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas X-5 SMAN 1 Siborongborong dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada standar kompetensi Menganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi. Cara yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran PKn adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write tersebut dengan merancangnya agar lebih menarik dan interaktif serta komunikatif dengan melibatkan siswa secara langsung untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Pada pelaksanaan siklus I, keseluruhan aspek minat belajar rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 2,20 yang tergolong ke dalam penilaian kurang dengan persentase 55,35 % dan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan, yang dapat dilihat dari perolehan skor hasil observasi dari keseluruhan aspek minat dimana setiap aspek skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,2 dengan persentase 81,2 %. Peningkatan skor yang diperoleh dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25,85 % sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 041 |
Keywords: | Model Pembelajaran TTW, Minat Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18499 |