Manullang, Endang N.Y (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TELUK MENGKUDU SATAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103111020 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 2103111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM. 2103111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 2103111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 2103111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 2103111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 2103111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2103111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 60 orang siswa. sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82.93, standar deviasi = 7.36 sedangkan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 66.76, standar deviasi = 5.19. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol di dapat kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 9.74. selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 30-1 = 29 dari df = 30 diperolah taraf signifikan 5% = 2.04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 9.74 > 2.04, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 023 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Komunikatif; Menulis Teks Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 07:18 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1849 |