Rachman, Fazli (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ORGANISASI MAHASISWA EKSTERNAL KAMPUS (STUDI KASUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG DELI SERDANG). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3112111006 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM. 3112111006 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 3112111006 ABTRAK.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4. NIM. 3112111006 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 3112111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
6. NIM. 3112111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3112111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8. NIM. 3112111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
9. NIM. 3112111006 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
13. NIM. 3112111006 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 3112111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual bagaimana Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Deli Serdang sebagai organisasi mahasiswa eksternal kampus mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian mengunakan metode dekriptif. Populasi penelitian adalah anggota Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Deli Serdang yang terdiri dari dua Komisariat yaitu Komisariat Fakultas Ilmu Sosial 157 orang mahasiswa dan komisariat Fakultas Ilmu Keolaragaan 48 orang mahasiswa, dengan jumlah keseluruhan 205 orang mahasiswa. Sampel penelitian adalah Ketua Umum Komisariat dan 15% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 31 orang mahasiswa anggota HMI Cabang Deli Serdang, diambil secara proporsional dan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Data dianalisis mengunakan metode deskriptif dan statistik sederhana. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa HMI Cabang Deli Serdang mengimplementasikan pendidikan karakter karena HMI berusaha untuk ikut serta berperan aktif dalam pembangunan nasional. Pendidikan karakter merupakan pembangunan nasional dan jalan mencapai tujuan HMI. Kesimpulan tersebut diperkuat dengan data yang menegaskan bahwa 25 (80.6%) dari 31 responden menyatakan adanya pembangunaan nilai-nilai karakter dalam HMI dan 24,4 responden (78.7%) menyatakan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pendidikan karakter mengunakan 2 metode yaitu formal dan non formal. Dampak negatif globalisasi yang menimbukan sikap individualistik dan nilai-nilai hedonisme dan menganggap “beroganisasi� tidak penting menjadi kendala dalam menerapkan pendidikan karakter. Menghadapi kendala tersebut HMI mengajak anggotanya menanamkan nilai persaudaraan kedalam diri dan memberikan sebuah pemahaman pendidikan karakter serta penguatan internal untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 028 |
Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18482 |