Manalu, Doria Nur Rohlia Boang (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWAKELASVII SMPNEGERI2 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103311007 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 2103311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM. 2103311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 2103311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 2103311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2103311007 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2103311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2103311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
12. NIM. 2103311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM. 2103311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 2 tiga panah tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka sampel diambil secara acak kelas yaitu dapatlah kelas VII-2 yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tesesai. Dari pengolahan data diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,5, standar deviasi = 8,11 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyekmasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 80,00, standar deviasi = 6,97.
Selanjutnya uji data diatas kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,09. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,8, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 1,10>0,8, hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 021 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Teks Eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 05:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 05:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1848 |