Fatimah., Siti (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2102111029 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2102111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
3. NIM 2102111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 2102111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 2102111029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 2102111029 FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 2102111029 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2102111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 2102111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM 2102111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 2102111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis resensi cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan setelah menerapkan model pembelajaran cooperative type jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan yang berjumlah 240 siswa, yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 orang. Data diperoleh dengan cara membuat instrument essay, yaitu menulis resensi cerpen. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulis resensi cerpen siswa sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative type jigsaw masih rendah atau kurang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat dilakukannya pre test yakni 63,21 dengan nilai tertinggi 71 dan nilai terendah 56. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran cooperative type jigsaw meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat dilakukannya pre test yakni 80,91 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 73. Dengan demikian dari hasil penelitian, penerapan model pembelajaran cooperative type jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis resensi cerpen. Hal ini dibuktikan dengan nilai posttest dibandingkan dengan nilai pretest menunjukkan peningkatan. Hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 80,91 sedangkan nilai rata-rata pretest yaitu 63,21. Dengan demikian telah terjadi peningkatan sebesar 17,7 poin atau telah mengalami peningkatan sebesar 28%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Type Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 048 |
Keywords: | Kemampuan Menulis Resensi Cerpen; Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 04:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1845 |