Armayani, Yesi (2014) PERANAN PERGURUAN TAMAN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN (1930 - 2013). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3102121016 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 3102121016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4. NIM 3102121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 3102121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 3102121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 3102121016 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
11. NIM 3102121016 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. NIM 3102121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya Perguruan Tamansiswadi Kota Kisaran, untuk mengetahui peranan Perguruan Tamansiswa dibidang pendidikan diKota Kisaran, untuk mengetahui usaha – usaha yang dilakukan Perguruan Tamansiswa dalammemajukan pendidikan di Kota Kisaran, untuk mengetahui dampak Perguruan Tamansiswadalam memajukan pendidikan di Kota Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif dengan metode Penelitian Lapangan (Field Research) dan Study Pustaka (LibraryResearch). Langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan penelitian langsungke lokasi penelitian kemudian mengumpulkan dan menelaah data – data yang diperoleh daribuku - buku, arsip – arsip yang berkaitan dengan peranan Perguruan Taman Siswa terhadappendidikan di Kota Kisaran. Penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan teknikobservasi terhadap Perguruan Taman Siswa Kisaran. Selanjutnya data diperoleh melaluiwawancara kepada ketua bagian Perguruan Taman Siswa Kisaran yaitu Ki. Giyono, AS.S.Pd. Alumni Perguruan Taman Siswa, Masyarakat, dan Guru. Dari data yang dikumpulkandiketahui bahwa berdirinya Perguruan Taman Siswa Kisaran dikarenakan bertemunyapemuda Yogyakarta dengan pedagang yang berasal dari Kota Kisaran yang inginmembangun pendidikan di Kota Kisaran melalui Perguruan Taman Siswa. Di karenakan KotaKisaran adalah kota kelahiran peneliti, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitianmengenai Peranan Perguruan Taman Siswa di Kisaran. Kesimpulan dari hasil penelitian iniadalah ada 3 ciri khas pendidikan Perguruan Taman Siswa di Kisaran, berisikan yaitu (1).Pendidikan berdasarkan Pancasila. (2). Pendidikan berciri khas Pancadharma, yaitu kodratalam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Dan (3). Penerapan ciri khasPancadharma dalam pelaksanaan pendidikan nasional Pancasila yang berasaskan kodrat alam,kemerdekaan, dan kebudayaan, yang kemudian berperan penting untuk pembentukan moraldan etika anak – anak bangsa, khususnya Kota Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.959 81 Arm p |
Keywords: | Peranan;Perguruan Taman Siswa |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18370 |