Manik, Monica Natalia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDUSTRI DI KELAS XII IPS T.A 2013/2014 SMA NEGERI 1 SITELLU TALI URANG JEHE. PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 309431016 Cover. pdf.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM309431016 Lembar Persetujuan Ujian, Persetujuan dan pengesah.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
3. NIM 309431016 Abstrak.309431016.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM 309431016 Kata Pengantar. pdf.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 309431016 Daftar Isi. pdf.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 309431016 BAB I. pdf.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
7. NIM 309431016 Daftar Gambar. pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM 309431016 Daftar Lampiran. pdf.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 309431016 Daftar Tabel. pdf.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
10. NIM 309431016 BAB V. pdf.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
11. NIM 309431016 Daftar Pustaka. pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan aktivitas melalui model pembelajaran Learning Cycle, (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cyclepada materi Industri di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat T.A 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di SMA Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat, 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan komunikasi tidak langsung kemudian data dianisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa(1) Aktvitas belajar pada materi industri meningkat yakni dari siklus Isebesar 62,6%, menjadi 81,3% di siklus II (meningkat sebesar 18,7%). (2) Hasil belajar siswa yang diperoleh adalah hasil belajar mengalami peningkatan dengan tingkat presentasesebesar 65,38% pada siklus I menjadi 80,76% disiklus II (meningkat sebesar 15,38%). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi industri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 338.071 2 Man p |
Keywords: | Belajar;hasil Belajar; Klasifikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18341 |