Panjaitan, Gani B.S (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PROSES TERJADINYA TATA SURYA DAN JAGAT RAYA DI KELAS X SMA SWASTA TELADAN CINTA DAMAI MEDAN T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 309131026 Cover.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 309131026 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM 309131026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 309131026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 309131026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 309131026 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 309131026 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 309131026 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 309131026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10. NIM 309131026 BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
14. NIM 309131026 BAB V.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media animasi pada materi pokok proses terjadinya tata surya dan jagat raya SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar pada materi pokok proses terjadinya tata surya dan jagat raya SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dengan menggunakan media gambar pada materi pokok proses terjadinya tata surya dan jagat raya SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 dan X-2 dengan jumlah siswa 60 orang tiap kelas yang diambil secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, tes pilihan berganda kemudian dianalisis dengan statistik uji t dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dengan nilai rata-rata 73,33, siswa yang mencapai KKM ada 86%, maka hasil belajar siswa tergolong tuntas. (2) Hasil belajar siswa kelas gambar dengan nilai rata-rata 62,83, siswa yang mencapai KKM 54%, maka hasil belajar siswa tergolong tidak tuntas. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada materi proses terjadinya tata surya dan jagat raya dengan menggunakan media Animasi dengan menggunakan media Gambar di SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan T.A 2013/2014, hal ini ditunjukkan pada uji hipotesis secara statistik dengan = 4,5916 dan = 2,00 dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dengan , karena  maka Ho ditolak, dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Animasi dan media Gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 523.207 12 Pan p |
Keywords: | Belajar;Mengajar; Hasil Belajar; Animasi; Jagat Raya |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18338 |