Nasution, Ade Irma (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEDOSFER DI KELAS XSMA NEGERI 13 MEDAN T A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 309131001 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 309131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. 309131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 309131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. 309131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 309131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 309131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 309131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 309131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
10. 309131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. 309131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan 1 aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Discovery pada materi pedosfer di Kelas X 7 SMA Negeri 13 Medan T A 2013 2014 dan 2 hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Discovery pada materi pedosfer di Kelas X-7SMA Negeri 13 Medan T A 2013 2014Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK dengan subjek penelitian kelas X 7 yang berjumlah 42 siswa di SMA Negeri 13 Medan Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung Data dianalisis dengan analisis deskriptifHasil penelitian menunjukkan bahwa 1 aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Discovery pada materi pedosfer dapat meningkat dengan rata rata 14 12 62 86 pada siklus I menjadi 76 98 pada siklus II 2 hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Discovery pada materi pedosfer juga meningkat sebesar 14 28 73 81 pada siklus I menjadi 88 09 pada siklus II Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima Artinya bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Discovery pada materi pedosfer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 2 nas p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas belajar; hasil belajar; Model belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18322 |