Sitepu, Lois Michail (2014) PERAN GURU PPKN DALAMPEMBENTUKAN SIKAP KESOPANAN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BERASTAGITAHUN PELAJARAN 2013/2014�. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3101111209. Judul.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 3101111209. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 3101111209. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
4. NIM 3101111209. Abstrak.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
5. NIM 3101111209. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM 3101111209. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM 3101111209. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. NIM 3101111209. BAB I.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
9. NIM 3101111209. BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
10 NIM 3101111209. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalampembentukan sikap kesopanan siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi TahunPelajaran 2013/2014. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisisdeskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPNegeri 2 Berastagi yang terdiri dari 6 kelas. Namun sebagai sampel penulismengambil secara acak sederhana (Random Sampling) yaitu sebanyak 40 siswayaitu kelas VII-1. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,angket, wawancara dan studi dokementasi. Teknik analisis yang digunakan adalahdeskriptif kualitatif, ini dilakukan dengan cara mempresentasikan data-data yangdiperoleh dari penelitian, kemudian dianalisis datanya secara sistematik sehinggadapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Guru pendidikan kewarganegaraansangat berperan dalam pembentukan sikap kesopanan siswa. Melalui peran gurupendidikan pancasila kewarganegaraan yang diberikan di sekolah maka sikapkesopanan peserta didik semakin terbentuk. Sesuai dengan kepribadian Pancasila,guru pendidikan pancasila kewarganegaraan melakukan upaya-upaya dalampembentukan sikap kesopanan siswa yaitu melalui melakukan kerjasama denganorangtua siswa terkait membicarakan masalah perkembangan karakter pesertadidik tersebut, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat positif,misalnya mengikuti pramuka, OSIS, Paskibra, dan selalu memberikan nasihatyang membangun untuk membangkitkan semangat siswa. Dan selalu mendorongsiswa untuk selalu berbuat baik tanpa memandang bulu. Melalui peran guru matapelajaran pendidikan pancasila kewarganegaraan yang di berikan di sekolah sikapkesopanan siswa semakin terbentuk. Sesuai dengan kepribadian pancasila. Gurumata pelajaran pendidikan pancasila kewarganegaraan melakukan usaha-usahadalam pembinaan kesopanan peserta didik, yaitu melalui melakukan kerjasamadengan orang tua peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sit p |
Keywords: | Sopan Santun;Pendidik; Guru;Berfikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18304 |