Tambunan, Lina Shaari (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN GOTONG ROYONG KUALA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3103111044 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 3103111044 LEMBAR PERSETUJUAN,PENGESAHAN,PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
3. NIM 3103111044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 3103111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 3103111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
6. NIM 3103111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 3103111044 BAB I.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
11. NIM 3103111044 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
12.NIM 3103111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar siswa kelas X SMK Gotong Royong Kuala dengan menerapkan model Pembelajaran Jigsaw. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X SMK Gotong Royong Kuala dengan menerapkan model Pembelajaran Jigsaw.Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi dengan lokasi penelitian di SMK Yayasan Perguruan Gotong Royong Kuala dan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMK yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh observer. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi menyimpulkan apakah dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah dari 30 orang siswa sebanyak 5 orang siswa (16,67%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,66. Setelah diadakan tindakan pada post test siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 10 orang siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 64,67 dan setelah diadakan pada siklus II sebanyak 26 orang siswa (86,67%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan dengan nilai rata-rata 86,67. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas X SMK Yayasan Perguruan Gotong Royong Kuala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Tam p |
Keywords: | Belajar;Model Pembelajaran;PembelajaranJigsaw; Berfikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18302 |