PERAN KEPALA SEKOLAH MEMBANGUN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR WARGA SEKOLAH YANG BERBEDA ETNIK DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN.

Zega, Firman Alfian (2014) PERAN KEPALA SEKOLAH MEMBANGUN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR WARGA SEKOLAH YANG BERBEDA ETNIK DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 309422001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 309422001 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 309422001 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 309422001 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 309422001 ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
3. NIM 309422001 ABSTRAKSI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 309422001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 309422001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 309422001 DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 309422001 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 309422001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM 309422001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 309422001  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 309422001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10. NIM DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 309422001 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 309422001 Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 309422001  BAB V.pdf]
Preview
Text
9. NIM 309422001 BAB V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepala sekolah dalam membangun hubungan sosial antar warga sekolah yang berbeda-beda etnik di SMP Swasta Gajah Mada Medan sehingga terwujud kerja sama, akomodasi dan asimilasi. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan penelaahan dokumen. Observasi langsung dilakukan untuk melihat segala keadaan dan aktivitas interaksi sosial sehari-hari diantara warga sekolah. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih tentang keadaan dan interaksi sosial warga sekolah serta bagaimana peran kepala sekolah membangun hubungan sosial warga sekolah sehingga terwujud interaksi sosial yang harmonis dalam bentuk kerja sama, akomodasi, dan asimilasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru-guru/pegawai, para siswa dan orang tua siswa/masyarakat di SMP Swasta Gajah Mada Medan. Penelaahan dokumen dilakukan untuk melihat sinkornisasi data antara dokumen-dokumen sekolah dengan hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa warga sekolah di SMP Gajah Mada Medan sangat plural, terdiri dari 11 jenis etnik dan menganut 4 jenis agama. Data penyebaran etnik siswa diperoleh etnik keturunan Cina (16,8%), India (7,0%), Batak Toba (15,7%), Jawa (10,3%), Mandailing (8,6%), Melayu (7,0%), Minang (5,9%), Karo (7,6%), Nias (8,6%), Aceh (6,5%), dan Pak-pak (5,9%). Data agama siswa diperoleh menganut agama Islam (36,2%), Kristen (40,5%), Budha (16,8%), dan Hindu (6,5%). Guru-guru dan pegawai terdiri dari 10 etnik yaitu etnik keturunan Cina (2,7%), Batak Toba (13,5%), Jawa (16,2%), Mandailing (21,6%), Melayu (10,8%), Minang (10,8%), Karo (5,4%), Nias (10,8%), Aceh (5,4%), dan Pak-pak (2,7%) serta guru-guru dan pegawai menganut agama Islam (75,7%), Kristen (21,6%), dan Budha (2,7%).Meskipun warga sekolah di SMP Gajah Mada Medan terdiri dari etnik dan agama yang sangat beragam yang seyogianya sangat berpotensi menimbulkan konflik, tetapi kenyataannya hubungan sosial yang terjadi sangat harmonis, saling mengerti dan memahami, saling menghormati dan toleransi sehingga bisa terwujud kerja sama, akomodasi dan asimilasi.Terwujudnya hubungan sosial yang asosiatif dalam wujud kerja sama, akomodasi dan asimilasi di SMP Gajah Mada Medan, sangat ditentukan oleh peran kepala sekolah sebagai pemimpin dengan memberi pengayoman dan keteladanan serta penerapan aturan serta pembiasaan dalam pelaksanaanya dalam kehidupan sehari-hari : meliputi penerapan peran interpersonal roles, informational roles, dan desicional roles.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.190 712 Zeg p
Keywords: Hubungan Warga Beda Etnik; Hubungan Antara Warga Sekolah; Peran Kepada Sekolah; Hubungan Sosial; Kerja Sama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 27 Sep 2016 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18271

Actions (login required)

View Item
View Item