Sinaga, Roy Agusman (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL GROUPINVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELESTARIANLINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANDARKECAMATAN BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN T. A 201. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103331051. ABSTRAK. PDF.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
3103331051. COVER. PDF.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3103331051. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN. PDF.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3103331051. KATA PENGANTAR. PDF.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3103331051. DAFTAR TABEL. PDF.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3103331051. DAFTAR ISI. PDF.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3103331051. DAFTAR GAMBAR. PDF.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3103331051. DAFTAR LAMPIRAN. PDF.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3103331051. BAB I. PDF.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3103331051. BAB VI. PDF.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3103331051. DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang akan dicapai: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada pokok bahasan pelestarianlingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di kelas XI IPS SMA Negeri (2) BandarKecamatan Bandar Kabupaten Simalungun T.A 2013/201. 2. Untuk meningkatkan hasil belajarsiswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada pokok bahasanpelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di kelas XI IPS SMA Negeri 2Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun T.A 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar, 2014. Jenis penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS yangberjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpul data yangdigunakan adalah teknik observasi dan komunikasi tidak langsung kemudian data dianalisisdengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan: (1) Dengan mengunakan model pembelajaran GroupInvestigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pokok bahasan pelestarianlingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dikelas XI IPS SMA Negeri 2 BandarKecamatan Bandar Kabupaten Simalungun. Hal ini terbukti dari hasil siklus I yakni 62,85%meningkat menjadi 87,99% pada siklus II yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatanaktivitas belajar sebesar 25,14%, (2) Dengan mengunakan model pembelajaran GroupInvestigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pelestarianlingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dikelas XI IPS SMA Negeri 2 BandarKecamatan bandar Kabupaten Simalungun. Hal ini dibuktikan dari hasil siklus I yakni 40menjadi 88,57 pada siklus II yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajarsebesar 48,57
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 363.707 12 Sin p |
Keywords: | Belajar; aktivitas Belajar; hasil Belajar; Investigation |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18213 |