Hamdan, Pratiwi Ferdianthie (2014) PERANAN KETELADANAN GURU PKN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NGERI 2 TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3103111069 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 3103111069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 3103111069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 3103111069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 3103111069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 3103111069 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 3103111069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 3103111069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 3103111069 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM. 3103111069 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran faktual mengenaipenerapan keteladanan guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMPNegeri 2 Tanjung Morawa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian adalah observasi, angket dan wawancara. Jumlah populasi dalampenelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Tanjung Morawa yang berjumlah980 orang sedangkan sampel yang digunakan adalah 10% dari jumlah populasiyaitu sebanyak 98 siswa, yang ditetapkan dengan acak sederhana (RandomSampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkualitatif yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melaluiperhitungan persentase dengan rumus statistik sederhana. Dari hasil penelitianyang dilakukan penulis terhadap guru PKn dan siswa SMP Negeri 2 TanjungMorawa yang berjumlah 98 orang, dapat disimpulkan bahwa penerapan atauimplementasi dari keteladanan guru PKn sangat besar manfaatnya dalam membinakedisiplinan siswa yang berada diantara skala 76%-100%, sehingga guru PKnmenjadi guru idola dan dapat dicontoh oleh siswa. Adapun usaha-usaha guru PKnterhadap kedisiplinan siswa terutama dalam kegiatan belajar mengajar sehinggadapat diperhatikan oleh siswa seperti memberikan motivasi dan nasehat-nasehat didalam kelas, selain itu guru PKn juga memberikan citra yang baik dalammeningkatkan kedisiplinan siswa di dalam kelas dan juga dalam lingkungansekolah, sehingga siswa bersikap disiplin dan terciptanya suasana belajar yangtertib dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Ham p |
Keywords: | Keteladanan Guru PKn; PKN; Kedisiplinan Siswa; Faktor-Faktor; Psikologis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18188 |