Sihombing, Martha D. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3103311035 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3103311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 3103311035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 3103311035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 3103311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 3103311035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 3103311035 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM. 3103311035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 3103311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM. 3103311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 3103311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: hasil belajar siswa pada kompetensi Hak Asasi Manusia pada siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan menggunakan model Pembelajaran Examples Non Examples. Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 225 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII-5 sebanyak 32 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples serta mengadakan pre test dan diakhiri dengan pemberian post test dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar.Hasil penelitian pada pre test diperoleh rata-rata skor siswa sebesar 47 dimana 6 orang siswa (18,75%) yang tuntas dalam pembelajaran dan 26 orang (81,25%) yang belum tuntas dalam belajar, sedangkan hasil post test pada Siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,68 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 12 orang siswa (37,5%) sedangkan yang tidak tuntas ada 20 orang siswa (62,5%). Pada pre test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 52,18 dan yang tuntas belajar hanya 6 orang (18,75%) sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 26 (81,25%). Pada post test Siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83,75 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 28 orang siswa (87,5%) sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 4 orang siswa (12,5%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kompetensi Hak Asasi Manusia kelas VII-5 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2013/20
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sih p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Examples non Examples; Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganearaan; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18186 |