Bety, Cici Fitri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK BISNIS MANAJEMENYAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA TAHUN PELAJARAN 2013/1014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penerapan modelpembelajaran role playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.Penelitian ini dilaksanakan di X SMK Bisnis Manajemen Yayasan Pendidikan HarapanBangsa Kuala, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) denganmenggunakan model pembelajaran role playing sebagai sasaran utama, bertujuan untukMeningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMK Bisnis Manajemen YayasanPendidikan Harapan Bangsa Kuala.Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi.Tes hasil belajar dilakukan dengan teknik diskusi dengan membagikan sekenario kepadasetiap kelompok (5 Orang) dibentuk secara heterogen.Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatifsederhana dengan rumus 𝑃𝑃𝐻 =𝐵𝑁𝑥100% dengan kriteria persentase penilaian hasil (PPH)0%  PPH < 70% = Siswa belum tuntas dalam belajar, 70%  PPH  100% = Siswa sudahtuntas dalam belajar.Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar, jika dikelas telah tercapai 85% yang telah mencapaipresentasi penilaian hasil ≥ 70% maka ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.Dengan demikian dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran role playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.Hasil belajar siswa pada test awal (Pre Test) sebelum menerapkan model pembelajaran roleplaying, jumlah siswa yang tuntas adalah 15 orang atau 37,5%, sesuai dengan kriteriaketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran PKn adalah 70,sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 35 orang atau 62,5%. Pada hasil post testsiklus I jumlah yang tuntas sebanyak 27 orang atau 67,5%, sedangkan jumlah yang tidaktuntas sebanyak 13 orang atau 32,5%. Hasil post test siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 36orang atau 90%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau 10%Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan modelpembelajaran role playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X SMKBisnis Manajemen Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 719 Bet p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Role Playing; Kelemahan model Bermain Perun; HasilBelajar; Pendidkan Kewarganegaraan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18175 |