Hutauruk, Maynard Owen Rahadiyan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN PENGUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS 1 SMAN 21 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103331034-COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM. 3103331034-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
NIM. 3103331034-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM. 3103331034-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
NIM. 3103331034-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 3103331034-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103331034-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 3103331034-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM. 3103331034-BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
NIM. 3103331034-BAB VI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM. 3103331034-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Nilai karakter siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dengan menerapkan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter di kelas XI IPS 1 SMAN 21 Medan, (2) Hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dengan menerapkan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter di kelas XI IPS 1 SMAN 21 Medan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di SMA Negeri 21 Medan T.A. 2013/ 2014. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan lembar observasi nilai karakter siswa dan komunikasi tidak langsung seperti laporan pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter dapat meningkatkan nilai karakter siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup sebesar 73,67% dari hasil siklus I menjadi 82,57% pada siklus II, (2) Penerapan Model Pembelajaran Geografi dengan Penguatan Karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup sebesar 78,79% dari hasil siklus I menjadi 90,91% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Hut p |
Keywords: | Keadaaan FIsik; Keadaan Non Fisik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18168 |