Sianipar, Dedi Adi Saputra (2014) STRATEGI ADAPTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK PENGUNGSI DI LOKASI PENGUNGSIAN MASJID ISTIHRAR BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 3103331011-COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM 3103331011-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
NIM 3103331011-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM 3103331011-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM 3103331011-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 3103331011-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 3103331011-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 3103331011-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 3103331011-BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
NIM 3103331011-BAB VI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi adaptasi yang dilakukan (1) pemerintah, (2) Masyarakat, (3) Orangtua, dan (4) Anak dalam Pelaksanaan pendidikan di lokasi pengungsian Masjid Istihrar Berastagi Kabupaten Karo.Penelitian ini dilaksanakan di Lokasi Masjid Istihrar Berastagi Kabupaten Karo, 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia bersekolah (SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi) dan menjadi pengungsi di posko Masjid Istihrar Berastagi Kabupaten Karo berjumlah 162 orang. Sampel ditentukan 30 persen dari jumlah populasi dengan teknik Proporsional stratified random sampling berdasarkan jenjang pendidikan, sehingga diperoleh jumlah sampel 49 jiwa. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik komunikasi langsung, observasi dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi adaptasi yang dilakukan pemerintah untuk pelaksanaan pendidikan anak adalah melalui (a) perumusan kebijakan umum dengan pemindahan lokasi sekolah, menggabungkan anak pengungsi dengan murid sekolah asal agar standar mutu bisa dipertahankan dengan baik. (b) Pelayanan teknis dilaksanakan dengan pengadaan fasilitas transportasi antar-jemput siswa, pemberian bantuan dana dan perlengkapan sekolah. (c) Monitoring program dilakukan dengan cara bekerjasama dengan koordinator posko pengungsian dan kepala sekolah. (2) Strategi adaptasi yang dilakukan masyarakat adalah melalui (a) pemberian bantuan dana dan perlengkapan sekolah, (b) membantu anak pengungsi memahami materi pelajaran dan (c) sebagai sumber belajar. (3) Strategi adaptasi yang dilakukan orangtua untuk pelaksanakan pendidikan anak dengan adalah melalui (a) memberikan motivasi, (b) meyiapkan fasilitas belajar, dan (c) memberikan uang jajan sekolah. (4) Strategi adaptasi anak dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah melalui (a) penyesuaian diri dengan teman, guru, cara belajar, dan penguasaan materi pelajaran, sedangkan di posko pengungsian dengan (b) beradaptasi dengan teman, masyarakat pengungsi dan relawan serta penyesuaian cara belajar yang serba terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.9 Sia s |
Keywords: | Strategi Adaptasi; Pengertian Pelaksanaan Pendidikan; Strategi Adaptasi Pemerintah; Pendidikan Anank; Strategi Adaptasi Orang Tua |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18166 |