Sidabutar, Intan Afnita (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLESNON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKNKELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111041-COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM. 3103111041-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
NIM. 3103111041-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 3103111041-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR SKEMA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103111041-BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
NIM. 3103111041-BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM. 3103111041-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan serta refleksi dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Medan dan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 27 orang Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa yaitu melalui test awal dengan soal pilihan berganda berjumlah 10 butir soal kemudian dengan soal post test I dan Post test II dengan jumlah 20 butir soal Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan meminta siswa mengerjakan soal Pre test setelah itu guru mulai menerangkan mengenai materi pembelajaran setelah itu siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan menganalisis beberapa gambar berupa kasus yang telah ditampilkan oleh guru dan tentu saja siswa akan diminta untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post test I setelah data siklus I diolah diketahui bahwa siklus I belum berhasil maka dilanjutkan dengan siklus II Hasil penelitian dari tes awal didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 57 41 dimana hanya ada 4 orang siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar dan 23 orang siswa belum tuntas dengan persentase ketuntasan hanya 14 81 Pada siklus I nilai rata rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 65 74 dengan jumlah siswa yang tuntas ada 11 orang dan yang tidak tuntas 16 orang siswa persentase ketuntasan pada siklus I juga meningkat menjadi 40 74 namun hal ini belum cukup untuk siklus I dinyatakan berhasil karena dari indikator yang telah ditentukan persentase ketuntasan harus mencapai 70 maka siklus I dinyatakan berhasil Dari ketentuan tersebut maka siklus II dilaksanakan dan didapatkan hasilnya dimana nilai rata rata siswa telah mencapai KKM yaitu 80 56 dengan jumlah siswa yang tuntas ada 24 orang dan sisanya 3 orang belum tuntas dengan persentase ketuntasan yaitu 88 89 jadi persentase peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I hingga siklus II adalah 48 15 Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun pelajaran 2013-2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 sid p |
Keywords: | Belajar; Prinsip prinsip belajar; Faktor faktor; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Examples non Examples |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18081 |