Destaria (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMPN 2 SIBOLANGIT TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103311013-COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM. 3103311013-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
NIM. 3103311013-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
NIM. 3103311013-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
NIM. 3103311013-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM. 3103311013-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 3103311013-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 3103311013-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 3103311013-BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
NIM. 3103311013-BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
NIM. 3103311013-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Sibolangit jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together NHT yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn di kelas VIII SMPN 2 Sibolangit Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sibolangit tahun pelajaran 2013-2014 yaitu sebanyak 103 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh observer Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dengan menyimpulkan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together NHT terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn Pada pelaksanaan siklus I keseluruhan aspek penilaian terhadap kemampuan siswa maka rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 2 2 dan tergolong ke dalam kriteria penilaian sedang dengan persentase 56 0 Kemudian dilakukan perbaikan terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pada siklus II ini terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat yang dapat dilihat dari rata rata skor yang diperoleh siswa berdasarkan kesepuluh aspek penilaian yaitu 32 24 dengan persentase 80 61 Dalam hal ini dapat dilihat peningkatan yang terjadi dari hasil pembelajaran siklus I dengan pembelajaran siklus II yaitu sebesar 24 60 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together NHT dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMPN 2 Sibolangit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 des p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Tipe NHT; Langkah langkah; Kemampuan mengemukakan pendapat; Pembelajaran Pkn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18067 |