Silitonga, Yanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG WARGA NEGARA DAN PEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103311059-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 3103311059-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
NIM. 3103311059-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 3103311059-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM. 3103311059-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM. 3103311059-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM. 3103311059-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
NIM. 3103311059-BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
NIM. 3103311059-BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM. 3103311059-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan materi pokok warga negara dan pewarganegaraan di kelas X SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige Tahun Pelajaran 2013/2014. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige yang berjumlah 260 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-F yang berjumlah 37 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket dan test hasil belajar. Teknik analisis data dengan korelasi Product Moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui pada penerapan model pembelajaran pada siklus I dan siklus II, yang mana nilai yang diperoleh pada siklus II lebih baik dibangdingkan pada siklus I. Siswa lebih banyak tuntas nilainya pada siklus II, hampir mencapai 100 % yaitu 36 siswa (97,3 %). Dalam pembuktian apakah hipotesis diterima dan ditolak dengan harga kritik rtabel untuk n = 37 pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 0,325, sedang rhitung sebesar 0,727. Dengan demikian rhitung > rtabel, maka dalam hal ini hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sil p |
Keywords: | Belajar; Mengajar; Metode; Model Pembelajaran; Artikulasi; Pemahamaman |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18064 |