Batubara, Abidinur (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 TANJUNGTIRAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111001-COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM. 3103111001-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
NIM. 3103111001-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 3103111001-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
NIM. 3103111001-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM. 3103111001-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 3103111001-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM. 3103111001-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM. 3103111001-BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
NIM. 3103111001-BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM. 3103111001-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari pendekatan PAIKEM dalam meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tanjungtiram. Adapun Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang dipakai yanitu dengan pengukuran skala likert dan rating scale. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjungtiram dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 197 dengan sampel atau Subjek Penelitian dipilih Kelas X IA-1. Indikator keberhasilan tercapainya mencapai minimal 75% (baik) untuk data keaktifan dan implementasi PAIKEM dan jika data minat belajar jika mencapai Interval Perolehan Skor Tinggi (kisaran skor 750-1070). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan menerapkan variasi (bermacam-macam) Model-Model PAIKEM pada setiap siklus. Pertemuan petama dengan Model Talking Stick (Berbasis PAIKEM). Pertemuan pertama siklus 2 dengan Model Problem Based Learning (Berbasis PAIKEM) dan pertemuan keduanya dengan Model Pembelajaran Berbasis Komputer (Berbasis PAIKEM).Hasil daripada penelitian ini yaitu pada siklus 1 minat belajar siswa mencapai skor 880 dari 1240 sebagai skor tertinggi, perolehan kekatifan siswa mencapai 60%, dan implementasi PAIKEM 70%. Pada siklus 2 pertemuan pertama adanya peningkatan signifikan dimana skor minat belajar mencapai skor 1089, perolehan keaktifan siswa mencapai 90% dan implementasi PAIKEM mencapai 90%. Dan pada pertemuan terakhir atau siklus 2 pertemuan kedua perolehan minat belajar menjadi sangat baik yaitu mencapai skor 1140, perolehan keaktifan siswa mencapai 97,5% dan implementasi PAIKEM mencapai 95%. Artinya dari penelitian ini penerapan pendekatan PAIKEM dapat menjadi alternatif guru sebagai pengajaran yang dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PP-Kn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Bat p |
Keywords: | Minat Belajar; Menmbuhkan Minat;Cara Belajar; Pendekatan Palkem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18060 |