Lumban Gaol, Boi Natal (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL (POWER POINT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.309111008-COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM.309111008-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM.309111008-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM.309111008-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
NIM.309111008-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.309111008-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM.309111008-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM.309111008-BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
NIM.309111008-BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM.309111008-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa setelah diterapkannya media pembelajaran visual (power point) pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pollung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, tes hasil belajar, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana (persentase). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 148 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 38 orang siswa yang diambil dari kelas XI IPA 1.Dari hasil penelitian dilapangan setelah data dikumpulkan, diolah, dan dianalisis, penerapan media pembelajaran visual (power point), untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pollung tahun ajaran 2013/2014 sudah terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa meningkat, dimana Hasil yang diperoleh pada saat dilakukan pre tes menunjukkan bahwa siswa yang tuntas ada 21 orang siswa (55,26 %), dan 17 orang siswa (44,74 %) yang tidak tuntas. Selanjutnya peneliti melanjutkan dengan siklus I dengan menerapkan media pembelajaran visual (power point). siklus I dilanjutkan dengan memberikan pos tes. Jumlah siswa yang tuntas semakin bertambah setelah dilakukannya siklus I, terdapat 27 orang siswa (71,05 %) yang tuntas, dan 11 orang siswa (28,95 %) yang tidak tuntas . pada siklus II terdapat 34 orang siswa (89,48 %) yang tuntas dan hanya ada 4 orang siswa (10,52 %) yang tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Lum p |
Keywords: | Media;Pembelajaran;Macam-Macam;Vissual; Power Point; Hasil Belajar;Pkn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18057 |