Manalu, Rongga (2014) PERANAN GURU PKN DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI SMA NEGERI I GAROGAKABUPATEN TAPANULI UTARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103311051-COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM. 3103311051-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
NIM. 3103311051-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
NIM. 3103311051-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM. 3103311051-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM. 3103311051-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103311051-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 3103311051-BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
NIM. 3103311051-BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 3103311051-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila bagi siswa SMA Negeri 1 Garoga tahun pelejaran 2013/2014. Adapun Jumlah populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA N 1 Garoga yang berjumlah 331 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Garoga kelas XI-b IPS yang berjumlah 40 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara observasi, penyebaran angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara mempresentasikan data-data yang diperoleh penelitian, kemudian dianalisis dan ditabulasi dalam sistematika sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Peranan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila bagi siswa SMA Negeri 1 Garoga tahun pelajaran 2013/2014 yaitu keaktifan guru PKn dalam penerapan nilai-nilai pancasila seperti bersikap sopan, menghargai orang lain, dan menunjukkan saling hormat menghormati baik kepada guru dan juga antar siswa dan orang yang lebih tua dari siswa tersebut. serta usaha yang dilakukan guru dalam pembentukan etika, moral siswa semakin baik dan selalu bertingkah laku positif, Pembelajaran PKn yang diberikan di sekolah etika, moral siswa semakin terbentuk sesuai dengan kpibadian pancasila, Guru PKn melakukan usaha pembinaan etika dan moral, peserta didik yaitu melalui kerja sama dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Man p |
Keywords: | Guru;Peranan;Nilai-Nilai Pancasila; Variabel Penelitian;Analisis Data |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18055 |