Juliana (2014) KESIAPAN SMA MUHAMMADIYAH 09 AEKKANOPAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2014-2015 DI PEMBELAJARAN SEJARAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3101121212 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 3101121212 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
NIM. 3101121212 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 3101121212 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
NIM. 3101121212 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
NIM. 3101121212 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 3101121212 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM. 3101121212 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
NIM. 3101121212 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
NIM. 3101121212 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, kesiapan SMA Muhammadiyah 09Aekkanopan, pemahaman guru bidang studi tentang kurikulum 2013, kesiapanguru sejarah dalam pengimplementasian kurikulum 2013, kendala yang dihadapiSMA Muhammadiyah 09 Aekkanopan dalam pengimplementasian kurikulum2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, denganteknik pengumpulan data memakai wawancara dan observasi. Wawancaradilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bidang studi Bahasainggris, Bahasa Indonesia, Ppkn, Matematika, serta Sejarah. Sedangkan observasidigunakan untuk mengetahui model pembelajaran sejarah yang digunakan padaproses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kesiapan SMA Muhammadiyah 09Aekkanopan dalam pengimplementasian kurikulum 2013, merujuk kepada 6standar pendidikan (standar isi, standar proses, standar pengelolaan, standarsarana dan prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, serta standarpenilian) belum terlaksana sepenuhnya. Pemahaman guru bidang studi terhadapkurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 09 Aekkanopan, terutama berkaitandengan pendekatan scientifik, dan model pembelajaran scientifik, belumterealisasikan sepenuhnya dalam proses pembelajaran. sedangkan ketidaksiapanguru sejarah terlihat pada implementasian pendekatan scientifik, modelpembelajaran scientifik, dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Kendala yangdihadapi SMA Muhammadiyah 09 Aekkanopan dalam pengimplementasiankurikulum 2013 adalah belum adanya sosialisasi kurikulum 2013, kurangnyakreaktivitas guru dalam memahami pendekatan scientifik dan model pembelajaranscientifik, kurangnya buku dan media pembelajaran, kurangnya keprofesionalanguru bidang studi termasuk guru sejarah dalam melaksanakan tugasnya.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketidaksiapan dari SMAMuhammadiyah 09 Aekknopan dalam pengimplementasian kurikulum 2013,selain adanya kendala- kendala diatas, juga terkesan dipaksaan dalampengimplementasian kurikulum 2013 di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 907.12 Jul k |
Keywords: | konsep kurikulum; model pembelajaran; pendekatan scientific; berbasis proyek; pembelajaran penemuan; struktur kurikulum |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18046 |