Simorangkir, Nella Karunia (2013) ANALISIS KONTENS PELAJARAN SEJARAH KELAS 1 SMA DALAM KURIKULUM 1964, 1975, 1984 DAN 1994. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309121053-COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 309121053-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
NIM. 309121053-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
NIM. 309121053-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM. 309121053-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
NIM. 309121053-BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
NIM. 309121053-BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
NIM. 309121053-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Kurikulum selalu mengalami perubahan setiap pergantian menteri Pendidikan danKebudayaan. Setiap pergantian yang dilakukan membuat perubahan danpenyempurnaan disetiap kurikulum. Begitu juga dengan Kurikulum di Pelajaran SejarahKhususnya kelas satu SMA terlihat dari materi pembelajaran yang diterapkan setiapKurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum isi materipelajaran sejarah dalam kurikulum SMA tahun 1964, tahun 1975, 1984, dan tahun 1994.Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka peneliti menggunakan metode LybraryResearch. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gambaran umum isi materipelajaran sejarah pada kurukulum 1964, 1975, 1984 dan 1994. Dimana pada setiapkurikulum berbeda tujuan, materi pelajaran, alat pelajaran, kegiatan belajar mengajardan evaluasi belajar. Kurikulum 1964 mengusung program pancawardana,pembahasannya mengenai ilmu bumi Asia Tenggara, zaman prasejarah sampai kerajaan,Kurikulum 1975 membahas zaman prasejarah, sejarah nasional sampai kepadahubungan Indonesia dengan dunia, Kurikulum 1984 membahas persiapan kemerdekaansampai tokoh proklamator, dan 1994 membahas zaman prasejarah, imperialisme sampainasionalisme. Konten kurikulum 1964 memuat materi ilmu bumi Asia tenggara berartimasih terdapat pelajaran geografi di dalamnya sehingga di kurikulum 1964 masihmemuat ilmu sosial di setiap bidang ilmu. Kurikulum 1975 Konten materinya tidak lagimenggunakan ilmu lain di dalam setiap bidang ilmu sehingga pelajaran sejarah murnimembahas sejarah, yang membedakan kurikulum 1975 dengan yang lainnya ialah isimateri yang memuat hubungan India dan pengaruhnya. Kurikulum 1984 merupakanpenyempurnaan dari kurikulum 1975 dan mengunakan pendekatan proses atau processskill approach. Konten materi di kurikulum 1984 Pendidikan sejarah Perjuangan Bangsadikhususkan yaitu hanya materi tentang awal persiapan sampai kepada usahamempertahankan kemerdekaan. Kurikulum 1994 merupakan penyempurnaan darikurikulum-kurikulum sebelumnya terutama kurikulum 1975 dan 1984 yaitu tujuan danproses. Konten materi kurikulum 1994 tidak jauh berbeda dengan kurikulum 1975 yang artinya hampir sama yang membedakan adalah penambahan materinya yaitu denganmemunculkan Peradaban kuno Amerika, Kebudayaan Hindu-Budha dan pengaruhnyaterhadap kebudayaan Indonesia sampai kepada Hungungan antar-wilayah di Indonesia menuju kesatuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 909.071 Sim a |
Keywords: | Pendidikan; Perkembangan; Pelajaran sejarah; Kurikulum; Penjelajah belanda; Penjajahan Jepang. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17963 |