Silitonga, Eva (2013) PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURUUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMAN 1 PANGARIBUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309111027-COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 309111027-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
NIM. 309111027-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 309111027-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
NIM. 309111027-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM. 309111027-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 309111027-DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 309111027-BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
NIM. 309111027-BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM. 309111027-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatanhasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan Penerapan KompetensiPedagogik Guru. Sebagai populasi yang digunakan adalah semua siswa/i kelas XSMA Negeri 1 Pangaribuan tahun pelajaran 2012/2013. Sebagai sampel dalampenelitian ini adalah kelas X-5 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampeldilakukan dengan tekhnik focussing, yaitu terfokus kepada salah satu kelas. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 item, hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa/i setelah pengajaran selesai. Tes ini diberikan setelah selesai pengajaran siklus I untuk melihat kemampuan siswa menguasai materi pelajaran. Kemudian dilakukanpembelajaran dengan penerapan kompetensi pedagogik guru (siklus II) untukmengetahui peningkatan hasil belajar siswa/i kelas X-5 SMA Negeri 1Pangaribuan. Hasil analisa data diperoleh dari skor rata-rata siswa pada data tes I(siklus I) sebesar 53,67, sedangkan skor rata-rata siswa pada data tes II (siklus II)menjadi 83,33. Dari data tersebut ada peningkatan yang terjadi dari siklus I dan siklus II sebesar 29,66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa/i di SMA Negeri 1 Pangaribuan dapat ditingkatkan dengan penerapan kompetensi pedagogik guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sil p |
Keywords: | Kompetensi guru; Dimensi - dimensi; Belajar; Hsil belajar; Hipotesis penelitian. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17880 |