Masitoh, Syarifah (2013) PERAN GURU PKN DISEKOLAH PEMBAURAN DALAM MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME SISWA DI SMA DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO TAHUN PELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.309111073-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM.309111073-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM.309111073-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
NIM.309111073-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM.309111073-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
NIM.309111073-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM.309111073-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM.309111073-BAB I.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM.309111073-BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM.309111073-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitianbertujuanuntukmengetahuiperan guru PKn disekolah pembauran dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa di SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo.Ada pun metode penelitian yangdigunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif(naturalistik).Pada hakekatnya metode ini lebih mengamati dalam lingkungan hidupnya, berinteraksidenganmereka,berusahamemahamibahasadantafsiranmerekatentangkeadaansekitarnya.Adapunyang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah meneliti seluruh populasi yangdianggap dapat dijadikan key format, sebanyak 2 (dua) orang guru PKn,yaituIbuNurbaiti, SH, danBapakPohan SH. Dan sampel yangdigunakandalampenelitianinimenggunakansampel total, yangberartiseluruhpopulasidijadikansampeldalampenelitianini. Alatpengumpul datayang digunakanuntukmemperoleh data yang dibutuhkanadalahberupaobservasi,wawancara (interview)danstudidokumentasi.Penelitianinidilakukan disekolahpembauran SMA. Dr. WahidinSudirohusodotepatnya diJalanKolonelYosSudarso Km.16,5 Medan-Labuhan, Sumatera Utara.Data penelitian yang diperolehmelaluiobservasidanwawancarakepada gurumatapelajaranPKn, kemudiandianalisismakamenghasilkantemuanpenelitiyaituupaya, kegiatanatauaktivitas guru dalam proses pembelajaran yangdilakukan guru PKnberupaperan guruPKndalammewujudkanjiwanasionalismesiswa disekolahpembauranaktifdalamkegiatanpembelajarantentangnasionalismesertatelahmenampilkanperilakudanaplikasinya di lingkungansekolah. SiswadisekolahpembauranaktifmengikutiupacarabenderadanperingatanHariBesarNasionalIndonesia sebagaibentuknyatatelahterwujudnyajiwanasionalisme di tengahtengahkeheterogenansiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Mas p |
Keywords: | Guru PKN; Sekolah; Sekolah pembauran; Jiwa Nasionalisme |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17878 |