Sembiring, Napra Tilofa Br (2013) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309411005-COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 309411005-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM. 309411005-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
NIM. 309411005-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
NIM. 309411005-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM. 309411005-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 309411005-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 309411005-BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
NIM. 309411005-BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
NIM. 309411005-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMP Swasta Masehi Berastagi Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan atau memaparkan masalah yang ada untuk mengetahui analisis data yang diperoleh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Masehi Berastagi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 154 anak orang siswa, maka yang menjadi sampel dalam penelitian 50 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 77 orang siswa. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis korelasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif untuk menghitung koefisien pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus statistika product moment.Dari analisis data korelasi antara variabel X dan variabel Y menunjukkan nilai rhitung > rtabel atau atau 0,579 > 0,308 pada taraf signifikan 5 % maka dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMP Swasta Masehi Berastagi Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Untuk menguji hipotesis apakah hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji “t”.Dari analisis hasil penelitian diperoleh rhitung > rtabel atau 6,15 > 2,021 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan dk = N-2 (77-2 = 75), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMP Swasta Masehi Berastagi Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak yakni tidak ada pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMP Swasta Masehi Berastagi Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sem p |
Keywords: | Pendidikan; Faktor - faktor; Hasil belajar; Tingkat pendidikan formal orang tua; Pendidikan kewarganegaraan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17877 |