Hasian, Akbar (2013) MEMBANGUN MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN FORMAL (STUDI KASUS YAYASAN PERGURUAN SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.308322002 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
NIM.308322002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM.308322002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM.308322002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
NIM.308322002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
NIM.308322002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM.308322002 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
NIM.308322002 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM.308322002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberagaman siswa ditinjau dari latar belakng sosial budaya, upaya Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda agar siswa yang berbeda latar belakang sosial budaya bisa membaur antara satu sama lain, serta untuk mengetahui proses pembelajaran dan kebijakan yang dilakukan Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan sehingga mampu menanamkan konsep pendidikan multikultural. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan sampel proporsional berstrata.Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan penyebaran angket.Setelah penelitian dilakukan diketahui warga sekolah (siswa, guru, dan siswa) di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan terdiri dari berbagai latar belakang sosial budaya yang berbeda, seperti suku, agama, ras, dan keadaan sosial ekonomi. Proses pembauran yang terjadi dilingkungan sekolah berjalan sesuai dengan konsep pembelajaran multikultural yang dicanangkan dalam program sekolah. Keberagaman yang ada sebisa mungkin dipelihara dan menjadi potensi dalam memabangun masyarakat yang multikultural. Proses pembelajaran dan penanaman nilai multikultural telah diaplikasikan dalam mata pelajaran, perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP dan Visi Misi. Untuk mendukung pembelajaran tersebut Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan, kegiatan seminar dan work shop untuk meningkatkan kualitas warga sekolah, membentuk budaya sekolah dan kelas yang menanamkan paham multikultural, dan pembauran dengan masyarakat melalui program anak asuh dan bakti sosial. Sehingga terlihat jelas usaha Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan dalam memelihara keberagaman secara nyata terwujud. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendidikan multikultural yang dilaksanakan oleh Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan adalah salah satu upaya untuk menyetarakan kebutuhan pendidikan bagi semua kalangan masyarakat. Keberadaan Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda Medan adalah wujud pentingnya memelihara keberagaman dengan berusaha melakukan pembauran dan proses pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran multikultural. Sebagai salah satu sekolah yang multikultur maka hendaknya Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda terus melakukan upaya perluasan kepada masyarakat dan pemerintah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 307.72 Has m |
Keywords: | Multikulturalisme; Pendidikan; Hakikat dan Tujuan; Problem Pendidikan; Sumber Data; Analisis Data |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17856 |