Simamora, Elisa Rosa (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SUMBUL T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
309131018 COVER Skripsi.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
309131018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
309131018 Lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
309131018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
309131018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
309131018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
309131018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
309131018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
309131018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
309131018 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
309131018 BAB VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
309131018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014Penelitian dilaksanakan di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 36 orang dan objek yaitu upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi biosfer melalui teknik Think Talk Write (TTW) di kelas XI IPS -2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,54 % dari 61,79% siklus I meningkat menjadi 80,33% di siklus II (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31 % dari 61 % siklus I meningkat menjadi 92 % di siklus II. dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima artinya penerapan model pembelajaran Think Talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 551.950 71 Sim p |
Keywords: | belajar; hasil belajar; aktivitas; pembelajaran; kooperatif; Think Talk Write; flora; hutan; biosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17779 |