Insani, Fitri (2013) STUDI TENTANG SMP NEGERI SATU ATAP DIKECAMATAN SIMANGUMBAN KABUPATEN TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
BAB VI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Studi Tentang SMP Negeri Satu Atap DiKecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara. Skipsi Jurusan PendidikanGeografi Universitas Negeri Medan. 2013.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran Sekolah Satu Atap,(2) untuk mengetahui pendapat masyarakat terhadap Sekolah Satu Atap, (3)mengetahui partisipasi pendidikan terhadap Sekolah Satu Atap Di Desa Dolok SautKecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara.Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Simangumban Kabupaten TapanuliUtara pada tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga yangberjumlah 46 orang dari kepala keluarga yang anaknya bersekolah di sekolah satuatap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara komunikasitidak langsung kepada kepala keluarga dengan menggunakan lembar kuesioner untukmengumpulkan informasi yang berisi masalah mengenai gambaran, persepsi, danpartisipasi pendidikan di sekolah satu atap. Selanjutnya analisis data yang digunakanadalah teknik analisa data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Desa Dolok Saut KecamatanSimangumban, yang dibangun pada tahun 2007. Sekolah satu Atap sama dengansekolah-sekolah tingkat SMP lainnya. Bangunan sekolah satu atap di Desa DolokSaut semi permanen. Luas lahan sekolah satu atap secara keseluruhan 60 x 80 M2adapun jumlah rombongan belajar berjumlah 3 rombongan belajar, tediri dari tigaruang kelas belajar masing-masing kelas berisikan 32 siswa, jumlah tersebut jumlahkelayakan satu kelas agar kegiatan belajar mengajar lebih kondusif dan afektif.Adapun jumlah tenaga pendidik berjumlah 9 guru. Kualitas siswa yang terdapat disekolah satu atap baik dikarenakan siswa yang tamat dari sekolah satu atap dapatmelanjutketingkat SMA yang terfavorit di Tapanuli Utara. (2) Persepsi masyarakatterhadap Sekolah Satu Atap di Desa Dolok Saut Kecamatan Simangumban dapatdilihat seperti Tingkat kepuasan masyarakat dalamp endidikan merupakan tolak ukursekolah dalam penyelenggaraan pendidikan. Dari jawaban responden diketahuibahwa responden yang menyatakan sangat memuaskan sebanyak 9%, sedangkanresponden yang menyatakan puas berjumlah 76% dan responden yang menjawabkurang puas sebanyak 15%. (3) Partisipasi pendidikan terhadap sekolah satu atap diDesa Dolok Saut Kecamatan Simangumban jumlah tanggungan yang masih sekolahdiperlihatkan oleh responden yang memiliki tanggungjawab yang masih sekolahyang tebanyak antara 3-4 orang sebanyak 37% dan yang memiliki jumlahtanggungan masih sekolah 1-2 orang sebanyak 33% dan yang mempunyaitanggungan sekolah 5-6 orang sebanyak 30%. Dari sini dapat diketahui angkapartisipasi pendidikan responden masih sangat baik terhadap sekolah satu atap diDesa Dolok Saut Kecamatan Simangumban
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 373 091 /Jus/s |
Keywords: | STUDI,SMP SATU ATAP,PENDIDIKAN,SEKOLAH SATU ATAP,PENDIDIKAN DASAR TERPADU, MODEL, PENGEMBANGAN,PERSEPSI,ORANG TUA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17760 |