Tjowanta, F.V (2003) SISTEM PEMBERIAN NILAI YANG BERLAKU DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED) DAN PENERAPANNYA. Jurnal Pendidikan Science, 27 (03). pp. 12-19. ISSN 0853-3792
Sistem pemberian nilai yang berlaku di Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan penerapannya.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang sistem pemberian nilai keberhasilan pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Medan. Ada tiga komponen nilai untuk menentukan skor akhir (SA), yaitu Nilai Ujian Tengah Semester (UTS), Nilai Rata-rata Tugas (RT) dan Nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Ketiganya dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan dimsukkan dalam rumus SA = (3UTS+3RT+4UAS) : 10. Hasil penghitungan SA dalam PAP (0-100) untuk suatu mata kuliah mempunyai kemungkinan tidak ada mahasiswa yang mendapat 85 ke atas atau nilai A, karena telah ditetapkan, bahwa untuk mendapat nilai A, SA harus 85-100. Untuk mengatasi, SA dalam PAP tadi dijadikan dalam Penilaian Acuan Norma (PAN) dan ada dua cara yang dapat dipakai, yaitu :1. Menambah dengan skor yang sama pada setiap SA, sehingga SA tertinggi menjadi 100.2. Mengali semua SA dengan suatu bilngan yang sama, sehingga SA tertinggi menjadi 100.Penentuan kelulusan mahasiswa memakai PAP, dimana SA yang telah di-PAN-kan yaitu 0-100 dibagi atas lima kelompok, yakni 85-100 : A, 70-84 : B, 60-69 : C, 55-59 : D dan 0-54 : E (tidak lulus). SA yang telah di-PAN-kan harus 55 ke atas, agar dapat lulus. Penerapan sistem pemberian nilai sebagaimana yang berlaku sekarang di UNIMED menjamin adanya nilai dalam setiap daftar peserta dan nilai akhir yang diberikan oleh dosen.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Belajar; Mahasiswa; Nilai |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 01:57 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/177 |