Daely, Muhammad Vanolo Putra (2013) ANANLISIS KEBUTUHAN PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
308331040 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
308331040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
308331040 Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
308331040 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
308331040 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
308331040 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
308331040 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
308331040 Bab I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
308331040 Bab VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
308331040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi Ketersediaan Fasilitas pendidikan (SD,SMP,SMA) di Kecamatan Lubuk Pakam sebagai Ibu kota kabupaten Deli Serdang. (2) persebaran SD, SMP, SMA di Kecamatan Lubuk Pakam.Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2012. Populasi adalah seluruh fasilitas Pendidikan (SD, SMP,dan SMA) yang terdapat di Kecamatan Lubuk Pakam.Mengingat jumlah populasi yang terbatas, maka popuasi sekaligus menjadi sampel dalam penlitian ini (total Sampling).Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi langsung danStudi Dokumenter. Teknik pengolahan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Fasilitas Pendidikan di Kecamatam Lubuk Pakam belum semuanya memenuhi standar yang diajaukan oleh Pemerintah karena indikator-indikator yang mengarah pada tercapainya tujuan pendidikan yang ditetapkan Pemerintah banyak yang belum tercapai. Rasio siswa perkelas SD yang dibawah standar sebanyak 60% dan luas ruang kelas dibawah standar sebanyak 84,5 sedangkan untuk lab komputer sebanyak 84,4% belum memiliki lab komputer.dan SMP di Kecamatan Lubuk Pakam masih banyak yang berada di bawah standar, bahkan Lab IPA sebagai tempat yang dapat mendorong semangat peserta didik untuk memperdalam pengertian dari suatu fakta yang diselidiki atau diamatinya juga tidak tersedia di tingkat SD dan SMP. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan tingkat SMP rasio siswa perkelas sudah memenuhi standar tetapi luas ruang kelas masih banyak yang dibawah standar. SMP yang memiliki Lab komputer sebanyak 63,2% dan luasnya telah memenuhi standar. Fasilitas di Pendidikan Tingkat SMA rasio siswa perkelas yang sesuai standar sebanyak85,72% .Begitu juga dengan Laboratorium untuk SMA laboratorium Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa di tingkat SMA belum semuanya mempunyai Laboartorium tersebut. Tempat Ibadah juga tidak semua sekolah memiliki tempat ibadah padahal harusnya itu dianggap penting juga Mengingat sebagai langkah awal membangun kecerdasan spiritual menciptakan pemuda berakhlak. (2)Pola penyebaran tidak merata dan cenderung mengelompok dengan indeks masing-masing yaitu 0,88, 0,25 dan 0,48 yang bila dihubungkan dengan rumus tetangga terdekat maka akan hasil penyebaran sekolah di Lubuk Pakam mengelompok. Pendidikan di Kecamatan Lubuk Pakam khususnya untuk tingkat Sekolah Dasar masih perlu penambahan ruang kelas baru untuk menampung kelebihan siswa, alternatif pendidikan lain bahkan pendirian Unit Sekolah Baru di wilayah Kecamatan Lubuk Pakam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Dae a |
Keywords: | PENDIDIKAN; SARANA; PRASARANA; |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2018 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17677 |