PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARULARAFAH RAYA DI LAU BAKERI KABUPATEN DELI SERDANG 1985-2011

Siregar, Arlan Maksum (2012) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARULARAFAH RAYA DI LAU BAKERI KABUPATEN DELI SERDANG 1985-2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 308321008 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 308321008 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 308321008 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 308321008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 308321008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 308321008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 308321008 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 308321008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 308321008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 308321008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 308321008 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 308321008 Bab I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 308321008 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 308321008 Bab V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 308321008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 308321008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Darularafah, perkembangan Pondok Pesantren Darularafah, serta pertumbuhan sehingga memiliki daya tarik tersendiri sebagai lembaga pendidikan Islam.penelitian ini menggunakan metode deskriPtif kualitatif dan melakukan penelitian lapangan (field research) melalui perolehan dengan data dan beberapa informan, yaitu : Pendiri Pesantren, pengelola Pesantren, para ustadz/guru, santri, orang tua santri, serta masyarakat. Selain itu, sumber-sumber bacaan lain yang mendukung penelitian, kemudian dianalisis dan menuangkannya dalam bab Pembahasan skripsi.Pesantren Darularafah berdiri pada 17 Agustus 1985 oleh H. Naga Lubis sebagai pendiri utama Pesantren Darularafah, dengan perkembangan semakin pesat, hal itu dikarenakan pesantren Darularafah memiliki daya tarik selain di bidang pendidikan umum, pendidikan Agama menjadi prioritas utama, fasilitas sekolah yang cukup modern dan pengelolaan manajemen yang baik, Para guru yang kompeten menjadi pondok Pesantren Darularafah di kenal luas oleh masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan pondok pesantren Darularafah terus berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Pondok Pesantren Darularafah merupakan lembaga pendidikan islam yang membina dan mendidik manusia untuk menjadi manusia yang berkualitas sarat iman dan taqwa, serta menguasai ilmu teknologi yang sesuai dengan ajaran agama Islam. saran dan pra sarana perlu ditingkatkan agar terjalin keselarasan belajar bagi para santri. Kemudian sarana transportasi agar kiranya diperhatikan agar mempermudah perjalanan menuju pesantren darularafah, diharapkan para ustadz/guru lebih mendalami kurikulum yang berlaku demi peningkatan mutu pendidikan di darularafah. Serta menjalin hubungan kepada pemerintah daerah, melalui departemen pendidikan nasional agar dapat bekerjasama dengan departemen agama bidang pendidikan, untuk dapat memperhatikan Pondok Pesantren Darularafah Raya.Dari seluruh data yang diperoleh selam mengadakan penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren Darularafah mengalami perkembangan, tetapi keberadaan Pesantren Darularafah sangat penting dan berpengaruh terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 950.071 Sir p
Keywords: Belajar mengajar; Pondok pesantren; Sistem pendidikan; Manajemen; Pengajaran
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 11 Jan 2017 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17540

Actions (login required)

View Item
View Item