Rajagukguk, Jusniana (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAKTIRAJA KEC. BAKTIRAJA T.A 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308121089 Cover.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM. 308121089 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM. 308121089 Abstrak.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 308121089 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 308121089 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 308121089 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. NIM. 308121089 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 308121089 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM. 308121089 Bab I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
10. NIM. 308121089 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
11. NIM. 308121089 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar, (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar model pembelajaran Word Square dengan model konvensional siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Baktiraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah siswa seluruh kelas X. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes belajar pada materi Pengaruh Budaya Bacson-Hoabinh, Dong Son, Sa Huynh, India terhadap Perkembangan Budaya Masyarakat Awal di Kepulauan Indonesia.Setelah data dianalisis dapat diketahui bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan memiliki varian yang identik baik untuk data kemampuan awal maupun data hasil belajar serta kemampuan awal kelas eksperimen dan pembanding sama. Sedangkan pada uji hipotesis dapat diketahui bahwa ada perbedaan pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Baktiraja.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Nilai pretest pada kelas eksperimen (46,38), kelas kontrol (46). Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (86,38) kontrol (80,13). Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan taraf signifikan 3,07 > 2,00 sehingga Ho ditolak dan menerima Ha.Kesimpulan penelitian ini adalah : hasil penggunaan model pembelajaran Word Square dapat mengaktifkan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Disarankan, sebaiknya : model pembelajaran ini untuk tetap dipertahankan karena sudah terbukti pengaruhnya, dan sebaiknya penelitian ini dilakukan lebih dari satu kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 950.071 Raj p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Word square |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17526 |