Rambe, Nikita Desayev (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308311055 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 308311055 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 308311055 Abstrak.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 308311055 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM. 308311055 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 308311055 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 308311055 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 308311055 Bab I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
9. NIM. 308311055 Bab V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
10. NIM. 308311055 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pembelajaran PKn dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan alat pengumpulan data seperti observasi, penyebaran angket dan wawancara. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Medan sebanyak 200 orang yang terdiri dari 5 kelas. Jadi dari jumlah populasi maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 sebanyak 40 orang. Dengan tujuan agar lebih efektif dan efisien, teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan rumus korelasi product moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat dari perhitungan rxy diperoleh koefisien r = 0,61 maka besarnya rxy terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y dan terdapat pengaruh sedang. Harga itu diujij keberartiannya dengan perhitungan “uji t”,maka diperoleh “t hitung”= 4,74 dengan harga “t tabel” =2,021 “t hitung”> “t tabel” untuk taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = 2 dengan demikian hipotesis (Ha) dapat diterima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pembelajaran PKn dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Medan terdapat pengaruh kuat atau tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ram p |
Keywords: | Kooperatif Jigsaw; Minat Belajar PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17470 |