Saragih, Maria Sonti (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA N 1 LUMBAN JULU KABUPATEN TOBA SAMOSIR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308121099 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 308121099 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 308121099 Abstrak.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 308121099 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 308121099 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 308121099 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 308121099 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 308121099 Bab I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 308121099 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
10. NIM. 308121099 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar sejarah dalam pada materi asal usul persebaran manusia di Kepulauan Indonesia, maka upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA N 1 Lumban Julu Toba Samosir T.A 2011/2012 yang berjumlah 29 orang dan objek dalam penelitian ini adalahmeningkatkan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Desain penelitian ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes awal. Hasil penelitian menunjukan kemampuan rata-rata peserta didik dalam menganalisis asal usul persebaran manusia di Kepulauan Indonesia pada siklus I adalah 64,31 dengan ketuntasan klasikal 58,62 %, sedangkan pada siklus ke II 85,68 dengan ketuntasan klasikal 93,79 %.Hasil penelitian non tes yang diperoleh berdasarkan observasi menunjukan peningkatan. Hal ini terlihat dari sikap peserta didik pada siklus I kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, pada siklus ke II peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam belajar. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sejarah meningkat dengan menggunakan model example non example. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya model pembelajaran example non example digunakan sebagai salah satu alternatif guru sebagai upayauntuk meningkatkan hasil belajar sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 950.071 Sar p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Example non example; Media gambar; Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17414 |