Brahmana, Ika Novianty (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERAIRAN DARAT KELAS X SMA NEGERI 2 BINJAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131052 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 308131052 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM. 308131052 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 308131052 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 308131052 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 308131052 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 308131052 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 308131052 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 308131052 Bab I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
10. NIM. 308131052 Bab VI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. NIM. 308131052 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi perairan darat di kelas X – 8 SMA Negeri 2 Binjai T. A 2011/ 2012; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perairan darat di kelas X – 8 SMA Negeri 2 Binjai T. A 2011/ 2012; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada materi perairan darat di kelas X – 8 SMA Negeri 2 Binjai T. A 2011/ 2012.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – 8 yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi perairan darat kelas X SMA Negeri 2 Binjai meningkat dari siklus I 41,54% menjadi 50,91% pada siklus II dengan peningkatan aktivitas belajar 9,37%; (2) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi perairan darat kelas X SMA Negeri 2 Binjai meningkat dari siklus I 64,58% menjadi 89,58% pada siklus II dengan peningkatan aktivitas belajar 25%; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada materi perairan darat di kelas X – 8 SMA Negeri 2 Binjai pada siklus I hasil perhitungan Fhitung > Ftabel adalah (30,94 > 4,05) dan pada siklus II hasil perhitungan Fhitung > Ftabel adalah (23,43 >4,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Bra p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Perairan darat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17407 |