KARAKTERISTIK USAHA SOUVENIR DI KAWASAN OBJEK WISATA DESA TOMOK KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR

Simalango, Sabar (2012) KARAKTERISTIK USAHA SOUVENIR DI KAWASAN OBJEK WISATA DESA TOMOK KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308131092 COVER.pdf]
Preview
Text
308131092 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308131092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308131092 Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308131092 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308131092 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Bab I.pdf]
Preview
Text
308131092 Bab I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308131092 Bab VI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 308131092 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308131092 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik barang souvenir (jenis barang, sumber, harga perolehan, harga jual dan jumlah terjual perbulan), (2) Karakteristik toko souvenir (bentuk bangunan, ukuran luas, status kepemilikan dan harga sewa toko), (3) Karakteristik pengusaha souvenir (tingkat pendidikan, jumlah modal, pendapatan, jumlah tenaga kerja dan keterampilan berbahasa asing) pada usaha souvenir di kawasan objek wisata Desa Tomok Kecamatan Simanindo.Penelitian ini diadakan di Desa Tomok Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha Souvenir di Desa Tomok yang berjumlah 260 toko souvenir. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% secara acak/ random dari jumlah populasi yaitu sebanyak 26 toko souvenir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dengan alat daftar wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian menunjukan: (1) Dilihat dari karakteristik jenis produk souvenir yang terdapat pada usaha souvenir di kawasan objek wisata Desa Tomok terdiri dari produk lokal dan produk yang berasal dari luar daerah yang mengaitkan unsur budaya daerah wisata setempat. Produk souvenir lokal seperti tongkat Tunggal Panaluan dengan harga perolehan dari pengrajin Rp 200.000 mencapai harga jual Rp 225.000 dan rata-rata jumlah terjual dalam perbulannya antara 1-5 buah. Produk souvenir yang berasal dari pulau Jawa seperti Tas Batik dengan harga diperoleh Rp 20.000 dengan harga jual Rp 30.000- Rp 35.000 dan rata- rata jumlah terjual dalam perbulannya antara 30-50 buah. (2) Karakteristik toko souvenir dilihat dari bentuk bangunan sebagian besar bersifat semi permanen dengan persentase 80,77%, non permanen memiliki persentase 11,53% dan bersifat permanen 7,70%. Luas toko souvenir dengan ukuran 4 x 5 meter sebanyak 38, 47%, Kepemilikan toko masih dalam status menyewa dengan persentase 50,00%, milik pemerintah 15,38% dan yang merupakan milik sendiri 34,62%. Harga sewa toko dalam pertahunnya mencapai Rp 1.500.000 mencakup harga sewa untuk tanah dan sewa bangunan. (3) Karakteristik pengusaha souvenir dilihat dari tingkat pendidikan berada pada tingkat SMA/sederajat dengan persentase 53,86 %, SMP/sederajat 42,30% dan yang berada pada tingkat SD/sederajat dengan persentase 3,84%. Jumlah modal yang digunakan oleh pengusaha souvenir adalah sebesar Rp 7.000.000 dengan persentase 26,92%. Pendapatan perbulan responden dengan jumlah Rp 1.000.000 - Rp 1.500.000 sebesar 65,38%, pendapatan Rp 2.000.000 - Rp 2.500.000 dengan persentase 26,92%, dan pendapatan > Rp 2.500.000 sebanyak 7,70% Jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan oleh pengusaha souvenir sebanyak 1 orang tenaga kerja adalah 38,47%, 2 orang tenaga kerja dengan persentase 7,70% dan 53,84% merupakan responden yang tidak memiliki tenaga kerja. Kemampuan responden dalam berkomunikasi bahasa Inggris memiliki persentase 69,23% dan responden yang tidak memiliki kemampuan berbahasa asing sebanyak 19,23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 Sim k
Keywords: Souvenir; Produk wisata; Produk kerajinan; Objek wisata; Sarana pariwisata; Sapta pesona
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 29 Dec 2016 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17398

Actions (login required)

View Item
View Item