Fitri, Sholatiyah (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA MATERI PERAIRAN DARAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS X MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
308331078 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
308331078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
308331078 Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
308331078 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
308331078 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
308331078 Bab I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
308331078 Bab VI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
308331078 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar geografi siswa pada materi Perairan Darat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), (2) hasil belajar geografi siswa pada materi Perairan Darat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Togerther (NHT) di MAN 3 Medan, Kelas X-5 Semester 2 T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-5 yang berjumlah 40 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Togerther (NHT) pada materi perairan darat mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 61,26% dan pada siklus II sebesar 81,59%, (2) Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Togerther (NHT) pada materi perairan darat persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I diperoleh sebesar 67,50 % atau sebanyak 27 orang siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 87,50% atau sebanyak 35 orang siswa dinyatakan sudah tuntas. Ketuntasan klasikal siswa dinyatakan tuntas apabila persentase ketuntasan belajar siswa ≥ 85% dan pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa sudah mencapai indikator atau tercapai. Artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Fit u |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Perairan darat; Numbered Heads Together |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17377 |