Ansori, Arfan (2012) PENGARUH PROFESIONALISME GURU PKN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PKN DI RAYON SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311008 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
308311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
308311008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
308311008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
308311008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
308311008 Bab I.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
308311008 Bab V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
308311008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guruPKn terhadap kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn di Rayon SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi (pengamatanlangsung), angket dan dokumentasi.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PKn Rayon SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 32 orang dan 32 orang siswa SMA Negeri 5 Medan.Dengan melihat jumlah populasi yang kurang dari 100 orang maka, penulis mengambil jumlah keseluruhan dari jumlah populasi untuk dijadikan sampel (population sampel).Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa statistik dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dengan menggunakan rumuskorelasi Product Moment dapat diketahui bahwa r hitung 0,755 (dalam kategoriinterpretasi koefisien korelasi Kuat) dengan N = 32, sementara r tabel menunjukkan pada angka 0,349. Berarti r hitung > r tabel atau 0,755 > 0,349 berarti kedua variabel dalam penelitian ini berhubungan. Sedangkan Uji t dapat diketahui t hitung 6,338 sementara t tabel 2,042 pada α = 0,05 uji dua pihak, sehingga t hitung > t tabel yakni 6,338 > 2,042 berarti hipotesis penelitian dapat diterima.Maka, berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh profesionalisme guru PKn terhadap kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKn di Rayon SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ans p |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Standar profesionalisme; Kemampuan mengemukakan pendapat |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 10:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17345 |