Saragih, Richard Hamonangan (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311072 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
308311072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
308311072 Abstrak.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
308311072 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
308311072 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
308311072 Bab I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
308311072 Bab V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
308311072 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X-1 SMA N 1 Raya Kahean Kabupaten Simalungun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi, dokumentasi, tes. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Raya Kahean Kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 103 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara pengambilan sampel random sampling (acak sederhana), maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 orang siswa yaitu kelas X-1 dari tiga kelas. Dari hasil penelitian di lapangan setelah data yang dikumpulkan, diolah dan dianalisis, bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean Tahun Pelajaran 2011/2012 sudah terlaksana dengan baik, melalui pembelajaran yang bersifat diskusi kelompok, dimana siswa diberi waktu untuk berpikir sehingga strategi ini punya potensi kuat untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Keberhasilan ini dapat dilihat pada siklus I hasil belajar yang diperoleh (tuntas) sebesar 22 siswa atau 62,29%, sedangkan pada siklus terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh sebesar 30 siswa atau 85,57%. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 23,28%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sar p |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Minat belajar; Belajar mengajar; Think pair share |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17339 |