Ramadhani, Putri (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
309411006 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
309411006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
309411006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
309411006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
309411006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
309411006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
309411006 BAB I.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
309411006 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
309411006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panyabungan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi kebebasan organisasi di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran PKn tentang kebebasan berorganisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII di SMP Negeri 1 Panyabungan ? Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 35 orang siswa yang berasal dari siswa kelas VII A pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran PKn berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan pembelajaran model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP NEgeri 1 Panyabungan.Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%, yaitu 24 orang siswa (68,5%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 11 orang (31,4%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 57,7, sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I terdapat 21 orang siswa (60%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Ram m |
Keywords: | Belajar;hasil belajar;pkn; cooperativelearning; think pain shae; sistim organisasi;tps. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17290 |