Nainggolan, Naomas M. (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY,QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
309111048 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
309111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
309111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
309111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
309111048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
309111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
309111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
309111048 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
309111048. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
309111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Modelpembelajaran SQ3R pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Teluk MengkuduTahun Pelajaran 2012/2013. Penulis mengambil lokasi penelitian Di SMP Negri1 Teluk Mengkudu. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini seluruh siswakelas VIII yang terdiri dari enam kelas yang jumlahnya 228. Sampel penelitian ini yaitu dengan jumlah 39 orang.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriftif kualitatif disertai disertai dengan deksriftif Kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi yang dilakukan oleh observer. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasimenyimpulkan apakan dengan penerapan model pembelajaran SQ3R dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Dari hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri I Teluk Mengkudu. Hal ini didukung dari hasil pengujian diperoleh hasil nilairata-rata siklus I yaitu 63,07 pada materi pengertia kedaulatan rakyat dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 77,17 pada materi pemegang kedauatan rakyat dan peranannya. Jadi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II yaitu 14,1
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Nai p |
Keywords: | Model pembelajaran; Prinsip langkah - langkah; SQ3R; Variabel penelitian. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17268 |