Saragih, Sri Romayanti (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SILAU KAHEAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 309311050 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 309311050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. 309311050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. 309311050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. 309311050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 309311050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 309311050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 309311050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. 309311050 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
14. 309311050 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. 309311050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kompetensi demokrasi pada siswa kelas VIII -1 SMP Negeri 2 Silau Kahaean dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray.Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Silau Kahaean Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VIII -1 dan VIII-2 yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII -1 sebanyak 33 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray, pada siklus I peneliti menerangkan materi dengan model pembelajaran yang sama pada mata pelajaran PKn serta mengadakan pre test. dan di siklus II juga peneliti menerangkan materi dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Dan diakhiri dengan pemberian post test dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar.Hasil penelitian pada Pre Test diperoleh rata-rata skor siswa sebesar 68,18 dimana 18 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan 15 orang siwa belum tuntas dalam belajar, sedangkan hasil post test pada pada siklus I 69,18 dimana 23 orang siswa yang tuntas dan 10 orang siswa belum tuntas. dan hasil belajar kelompok pada siklus I rata-rata skor siswa meningkat menjadi 70,06 dimana 25 orang siswa yang tuntas dalam belajar dan 8 orang siswa belum tuntas dalam belajar, Pada siklus II pre test diperoleh sebesar 85,15 sedangkan pada hasil post test 87,27 dan pada siklus II dimana hasil belajar kelompok rata-rata skor siswa meningkat menjadi 90,30 dari 33 orang siswa tuntas semua. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kompetensi demokrasi kelas VIII -1 SMP Negeri 2 Silau KahaeanTahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sar p |
Keywords: | Model pembelajaran; Two stay two stray; Hasil belajar; Faktor - faktor. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17267 |